Jam

Judul   : jam

Tujuan : menggambarkan bentuk dari jam.

JAM

Waktu merupakan suatu hal yang penting yang dibutuhkan oleh manusia. Alat yang dibutuhkan untuk menujukkan waktu tersebut disebut dengan jam. Seiring dengan berjalan nya waktu terdapat banyak perubahan berbagai bentuk jam di dunia ini. Dibawah ini merupakan penjelasan tentang berbagi bentuk jam dari waktu ke waktu.

Jam pada zaman dahulu ada yang disebut dengan jam pasir. Jam pasir berbentuk dua bulatan atau seperti angka delapan (8) yang biasanya ditempatkan pada bingkai yang terbuat dari kayu. Jam pasir digunakan oleh orang mesir sekitar 5000-6000 tahun yang lalu. Perkembangan bentuk jam selanjutnya yaitu jam air. Jam air berbentuk corong diamana bagian bawah nya di beri sedikit lubang berupa bejana kecil yang terbuat dari logam atau besi sama seperti hal nya dengan jam pasir jam air ini juga diberi bingkai sebagai penyangga yang terbuat dari logam atau besi dan di bagian bawah nya terdapat bulatan dimana tempat sebagai menampung air yang menetes dari corong tersebut. Jam air juga di temukan di mesir. Bentuk jam selanjutnya sudah memasuki bentuk jam yang modern. Bentuk jam sekarang sangat beragam. Jam dinding biasa nya berbentuk bulat atau kotak namun seiiring dengan berjalan nya perkembangan zaman jam dinding memiliki bentuk yang berupa tokoh kartun seperti bentuk mickey mouse dan masih banyak yang lain nya. Untuk memudahkan manusia menujukan waktu dibuatlah ada nya jam tangan. Jam tangan meupakan jam yang dapat digunakan oleh manusia kemananpun tidak seperti dengan jam dinding. Jam tangan juga memiliki beragam bentuk tetapi sama hal nya dengan jam dinding biasanya berbentuk bulat atau lingkaran dan kotak atau persegi. Jam tangan dilitkan dengan tali yang terbuat dari kulit atau karet sebagai pengubung dengan jam. Jam tangan juga saat ini ada yang terbuat dari bahan stainless steel sebagai bahan dasar nya biasanya sebagai penghubung tali yang terbuat dari stainless steel itu disebut dengan rantai jam bentuk jam nya bisa bulat atau lingkaran dan kotak atau persegi. Perkembangan bentuk jam selanjutnya adalah jam digital. Jam digital bisa berupa jam tangan atau jam dinding. Jam digital tidak menggunakan jarum jam yang biasa digunakan. Jam digital berbentuk langsung angka sehingga memudahkan untuk membaca waktu nya.

Perkembangan zaman semakin maju begitu pun dengan perkembangan bentuk dari jam dimana tiap zaman nya memiliki trend tersendiri. Bentuk jam saat ini lebih sesuai kebutuhan manusia dan bentuk jam saat ini bisa dijadikan sebagai akesoris tangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: