Jam

Judul   : Jam

Tujuan : menceritakan tentang jam yang menjadi icon suatu kota.

JAM

Jam merupakan penunjuk waktu. Keberadaan jam sangat penting bagi manusia karena untuk mengetahui waktu di penjuru dunia. Ada perbedaan waktu di dunia ini. Keberadaan jam di suatu tempat juga memiliki cerita tersendiri dan sangat membantu untuk mengetahui waktu di tempat tersebut. Berikut berbagai jam di dunia yang memiliki cerita dan menjadi jam yang populer.

Jam big ben di london adalah jam yang menjadi icon dari kota london. Jam big ben terkletak di tengah-tengah kota london dan ini menjadi salah satu tempat wisata. Jam big ben ini terkenal dengan ketepatan waktu nya. Jam big ben ini pernah mengalami kebakaran pada tanggal 22 oktober  1834. Jam big ben Pendesainnya adalah seorang pengacara dan horologis amatir Edmund Beckett Denison, dn George Airy, seorang Astronom Kerajaan. Jam big ben ini menjadi standar jam internasional. Jam populer selanjut nya adalah berasal dari indonesia yaitu jam gadang. Jam gadang terletak di pusat kota bukit tinggi. Jam gadang diambil dari bahasa daerah minangkabau dimana gadang berarti besar jadi jam besar. Jam gadang ini juga menjadi salah satu tempat wisata di minangkabau. Jam Gadang dibangun pada tahun 1926 oleh arsitek Yazid Sutan Gigi Ameh. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, Controleur (Sekretaris Kota) Bukittinggi pada masa Pemerintahan Hindia Belanda dulu. Jam Gadang juga ditetapkan sebagai titik nol Kota Bukittinggi. Jam yang terkenal lainnya adalah jam mekah. Jam mekah merupakan jam terbesar di dunia. Jam mekah ini berdiri di menara jam diraja mekah. Jam mekah diujicobakan pada 12 Agustus 2010. Jam mekah ini sangat membantu para jamaah haji sebagai suatu patokan saat berada di mekah.

Jam merupakan hal penting karena sebagai penunjuk waktu. Keberadaan jam di suatu tempat dan memiliki cerita sejarah memiliki keunikan tersendiri. Jam juga bisa menjadi icon dari suatu kota seperti yang sangat terkenal di kota london jam big ben dan di minangkabau jam gadang. Keindahan, sejarah dan keunikan dari suatu jam telah menjadi daya tarik tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: