pasar valuta asing


Bagi dunia bisnis nilai tukar mata uang itu sangat penting. Telebih lagi nilai tukar mata uang Indonesia yakni rupiah ( Rp ) terhadap mata uang asing lainnya. Nilai tukar mata uang setiap saat selalu berubah-ubah sesuai dengan kondisi permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar valuta asing. Terdapat dua istilah dalam nilai tukar mata uang yakni, keadaan dimana mata uang mengalami penguatan terhadap mata uang lainnya dinyatakan sebagai mata uang yang terapresiasi, sedangkan mata uang yang nilainya turun terhadap mata uang lain disebut mata uang yang mengalami depresiasi.

Pertama, akan menjelaskan tentang pasar valuta asing. Valuta asing adalah tempat terjadinya transaksi keuangan internasional dengan memperdagangkan mata uang suatu Negara dengan mata uang negara lain, yang dapat berupa uang kertas atau sekuritas,dll. Fungsi dari pasar valuta asing adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mempermudah pertukran mata uang asing dengan menyediakan fasilitas mengkonversikan mata uang dari mata uang dalam negeri ke mata uang asing lain nya atau sebaliknya.
  2. Menyediakan fasilitas kredit, biasanya diterapkan dalam impor dan ekspor.
  3. Menyediakan fasilitas perlindungan untuk pelaku transaksi di pasar valuta asing atas perubahan nilai tukar mata uang di masa dating dimana akan menimbulkan resiko terhadap pelaku  transaksi di pasra valuta asing.

Siapa aja sih yang menjadi pelaku di pasar valuta asing?, pelaku di pasar valuta asing terbagi menjadi 2 yakni:

  1. Pasar klien, dalam pasar klien  bank bertransaksi langsung dengan nasabah nya. Nasabah bank adalah pemerintah, bank sentral, ekportir, importer, lembaga keuangan  lain nya.
  2. Pasar antar bank merupakan pasar yang sangat aktif. Bank membeli dan menjual mata uang asing untuk menutupi kekurangan dan dan mengirangi kelebihan akibat transaksi dengan nasabahnya.

Didalam pasar valuta asing terdapat 2 istilah untuk keperluan jual beli valuta asing, adalah

  1. Kurs jual adalah kurs yang dikeluarkan oleh bursa valuta asing untuk menjual satu unit mata uang asing tertentu.
  2. Kurs beli adalah kurs yang dikeluarkan oleh bursa valuta asing untuk membeli satu unit uang asing tertentu.

Bagi dunia bisnis mengetahui nilai tukar yaang sedang berlaku itu sangat penting. Bagaimana cara nya untuk mengetahui nya?, mudah sekali kita bisa mendapatkan informasi tentang nilai tukar mata uang dengan membuka situs bank seperti bank Indonesia, bank mandiri, bank BCA, dll untuk melakukan pengecekan nilai tukar yang sedang berlaku.

Kelebihan pasar valuta asing adalah sebagai berikut ;

  1. Pasar valuta asing dapat bertransaksi 24 jam sesuai dengan jam buka di tiap-tiap negara.
  2. Rendahnya biaya transaksi
  3. Keuntungan dari kenaikan dan penurunan harga
  4. Margin perdagangan

Selain memiliki kenuntungan pasar valuta asing memiliki kelemahan. Kelemahan dari pasar valuta asing adalah sebagai berikut ;

  1. Risiko kurs pertukaran
  2. Risiko negara asal

Terdapat mata uang yang biasa di perdagangkan diantaranya adalah

  1. Dolar Amerika / USD
  2. Poundsterling inggris / GBP
  3. Euro Dolar / EUR
  4. Swiss Franc / CHF
  5. Japanese Yen / JPY
  6. Autralian dolar / AUD
  7. Candian dolar / CAD

Jenis-jenis pasar valuta asing terbagi menjadi 3 yakni :

  1. Transaksi spot adalah penyerahan valuta asing dua hari berikutnya.
  2. Transaksi barter adalah kombinasi antara pembeli dan penjual untuk dua mata uang secara tunai yang di ikuti membeli dan menjual kembali mata uang yang sama secara tunai dan tunggak secara stimulant dengan batas waktu yang berbeda.
  3. Transakasi tunggak adalah transaksi yang penyerahannya dilakukan beberapa mendatang, baik secara mingguan atau bulanan.

Pasar valuta asing bertumbuh dengan pesat antara lain adalah

  1. Pergerakan niali valuta asing yang mengalami pergerakan cukup signifikan sehingga menarik bagi beberapa kalangan tertentu untuk berkecimpung didalam pasar valuta asing
  2. Bisnis yang semakin mengglobal,dengan semakin ketat persaingan bisnis membuat perusahaan harus mencari sumber daya baru yang lebih murah dan tersebar di seluruh dunia sehingga menimbulkan permintaan akan mata uang suatu negara
  3. Perkembangan telekomunikasi yang begitu cepat dengan adanya sarana telepon,internet maka memudahkan para pelaku pasar untuk saling berkomunikasi
  4. Keuntungan yang diperoleh di pasar valuta asing yang cenderung meningkatkan keinginan berbagai pihak berusaha mendapatkan keuntungan dari pergerakan valuta asing

Refrerensi :

http://ardra.biz/ekonomi/valuta-asing/pasar-valuta-asing

http://retnoyuliyanti.wordpress.com/2012/04/01/makalah-pasar-uang-dan-valuta-asing-6/

http://abdurrahmanadi.wordpress.com/2010/03/04/pasar-valas/

1 Komentar (+add yours?)

  1. manfaat daging buah manggis
    Jun 27, 2013 @ 23:34:11

    you are in reality a just right webmaster. The website
    loading velocity is amazing. It sort of feels that you’re doing any unique trick. Also, The contents are masterwork. you have done a magnificent job on this matter!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: