Menghargai dan Mengalah

Setiap karakter manusia itu berbeda-beda. Memang sulit untuk memahami karakter orang.  Kalaupun kita tidak suka dengan karakter mereka tersebut janganlah kita terlalu benci dengan orang yang kita tidak sukai. Sebenarnya bagaimanapun karakternya satu sama lain masih saling membutuhkan. Karena pada prinsip nya manusia itu adalah makhluk sosial.

Tidak dipungkiri permasalahan perbedaan karakter menjadi pemicu pertengkaran. Padahal kalau kita dapat saling menghargai pertikaian ini tidak akan terjadi. Pertikaian ini terjadi karena satu sama lain mempertahankan ego nya masing-masing. Tidak ada rasa untuk menghargai atau saling mengalah. Bila saja ada salah satu pihak yang mengalah dan mau mengerti pertikaian ini tidak akan terjadi.

 

Karakter seseorang memang sulit dirubah. Namun agar terciptanya kerukunan dan kedamaian, marilah kita satu sama lain untuk belajar menghargai. Menghargai itu lebih banyak keuntungannya dibandingkan mempertahankan ego. Suatu ketika kita dihadapkan pada suatu permasalahan dan kita tahu bahwa rekan kita dapat mengerti menyelesaikan permasalahan kita tersebut. Permasalahan tersebut akan tuntas dengan waktu yang lama karena mempertahankan ego disatu pihak malas untuk bertanya dan di lain pihak pura-pura tidak mengerti . orang-orang yang lebih mementingkan ego nya masing-masing itu adalah orang yang merugi. Merugi karena mereka tidak dapat menyelesaikan permasalahan nya dan di lain pihak lainnya merugi jiwa sosial yang ada telah mati.

Biarlah walaupun kita tidak menyukai karakter orang tersebut jangan sampai kita timbul rasa benci. Hiduplah saling menghargai karena dengan begitu hidup kita kan menjadi mudah dan kita tidak memiliki beban pikiran terhadap orang berbeda karakter dengan kita. Mengalah juga lebih baik karena mengalah itu bukan berati kalah melainkan berati kita itu menang dan orang yang tidak bisa memahami atau mengalah itu lah yang kalah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: