Berhati-hati Dalam Memilih Makanan

Saat ini berbagai macam makanan dapat dengan mudah di temui. Dari makanan tradisional hingga makanan yang berasal dari luar negeri. Sehingga banyak sekali penjual dalam bidang usaha makanan ini. Mereka para penjual bersaing secara ketat. Begitu ketat nya persaingan dan harga bahan baku mereka meningkat membuat para penjual ini sedikit melakukan kecurangan. Mereka yang melakukan kecurangan ini hanya demi mendapatkan keuntungan semata, mereka tidak memikirkan apakah itu baik untuk kesehatan konsumen.

Para penjual yang melakukan kecurangan ini pada jualan makanannya di beri semacam zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan manusia. Berbagai macam zat kimia tersebut diantara nya perwarna tekstil, borak, formalin, dan lain sebagainya. Zat-zat kimia tersebut dapat merusak kesehatan kita seperti efeknya itu menimbulkan sakit perut, kanker, dan lain sebagainya. Mereka yang berbuat curang ini memasukan bahan kimia ini pada makanan serta minuman yang mereka jual. Mereka berpikiran dengan ada nya bahan zat kimia ini dapat mendatangkan keuntungan bagi penjualan mereka dan dapat menekan pembelian bahan baku.

Para penjual yang melakukan kecurangan ini bukan hanya saja menggunkan bahan zat kimia, namun mereka juga menggunakan bahan yang di daur ulang kembali atau menggunakan bahan baku yang sudah tidak layak untuk digunakan. Sebagai contoh daging ayam “tiren” ini di olah menjadi suatu masakan. Jelas-jelas ini sudah tidak baik untuk dikonsumsi sebagai makanan, terlebih lagi ayam tiren ini tidak dipotong sesuai dengan kaidah islam dan ini haram bagi umat islam. Contoh lainnya yaitu roti-roti yang sudah kadaluarsa ini juga diolah kembali menjadi suatu makanan. Para penjual ini mengemas dengan baik makanan yang bahan bakunya merupakan suatu daur ulang di ubah menjadi seperti makanan baru. Sebenarnya dapat di lihat makanan yang menggunakan perwarna tekstil umumnya ini terdapat pada minuman seperti pada es campur agar warna nya menarik namun ini salah justru warna nya ini terlalu mencolok sudah pasti ini menggunakan perwarna tekstil bukan perwarna makanan.

Berhati-hatilah dalam membeli makanan yah. Jagalah selalu kesehatan kita dengan menjaga apa yang akan kita konsumsi. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: