Menumbuhkan Minat Belajar

Pasti males banget deh sama kata belajar. Kalau udah denger kata ini lansung deh kita merasa males itu sangat tinggi. Apalagi kalau pelajarannya atau mata kuliah nya itu yang kita tidak sukai. Sulit sekali buat yang nama nya belajar, disaat mau belajar ada saja hal lain yang kita lakukan yang pada akhirnya kita tidak belajar sama sekali.

   Untuk menumbuhkan rasa minat belajar itu pada  awal nya sulit sekali untuk dilakukan. Pertama kita harus memiliki tekad yang kuat bahwa dengan belajar itu dapat mempermudah kita dalam hal akademik pastinya dan tekad itu boleh dikatakan harus dipaksakan agar kita mau untuk melakukannya mengalahkan rasa malas yang ada di diri kita. Buatlah diri kita senyaman mungkin dan janganlah kita mempunyai pikiran bahwa belajar itu membosankan ubahlah menjadi belajar itu menjadi hal yang menyenangkan.

Banyak sekali cara belajar yang diterapkan dan itu tergantung dari diri mereka sendiri, hal itu dilakukan agar belajar itu menyenangkan dan itu tidak membosankan dan yang pasti apa yang dipelajari itu dapat dimengerti oleh kita dengan mudah. Cara belajar tiap orang berbeda, ada yang cara belajar nya itu di tempat yang sunyi atau sepi. Cara belajar seperti ini bagi kebanyakan memudahkan mereka untuk lebih cepat memahami apa yang telah di pelajari. Bagi mereka cara belajar ini memudahkan untuk memahami suatu materi dengan lebih cepat karena tidak ada yang mengganggu. Namun bagi yang lain cara belajar seperti ini sangat membosankan. Ada yang ketika belajar itu sambil mendengarkan musik tidak bisa dalam keadaan yang sunyi atau sepi tapi bukan berarti dalam keadaan yang ramai, hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan tetapi mereka tetap dapat memahami apa yang mereka pelajari. Bagi mereka cara ini sangat membantu untuk menumbuhkan minat belajar dan bisa memahami materinya dengan mudah.

Walaupun cara belajar itu berbeda-beda tetapi itu semua kita lakukan harus penuh dengan konsentrasi yah agar yang kita pelajari itu dapat kita pahami dan kita tidak mudah lupa. Agar belajar itu lebih efektif, biasakan kita lebih fokus itu dalam waktu 1 sampai 2 jam karena dalam antara waktu tersebut kita mempunyai semangat belajar yang masih tinggi jadi pada antara waktu tersebut hal dimana kita sedang serius untuk memahami suatu materi. Biasanya jika lebih dari waktu tersebut konsentrasi kita sudah terpecah kita memikirkan hal lain atau kita malah melakukan hal lain.

Jadi belajar itu sebenarnya hal yang sangat mudah untuk dilakukan bukan, hanya tinggal dari diri kita sendiri untuk melakukannya. Sebenarnya belajar itu membuat diri kita lebih untung lho. Dan belajar itu bukan hal yang kaku banyak cara untuk belajar sesuai dengan diri kita sendiri bagaimana agar belajar itu menjadi menyenangkan dan mudah untuk dipahami. Dan yang pasti untuk menumbuhkan minat belajar itu buang jauh-jauh kata malas dari diri kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: