Dampak negatif dari terlalu sering menonton tv

Menonton tv adalah kegemaran bagi setiap orang termasuk juga anak-anak. Sekarang ini banyak sekali tayangan-tayangan di tv yang tidak cocok untuk anak-anak. Acara-acara tersebut juga cenderung untuk usia dewasa dan tidak cocok juga untuk para remaja mereka harus  didampingi oleh orang dewasa dalam menonton tv.

 

Menonton tv itu memang mengasyikan dapat menghilangkan rasa bosan. Namun ini perlu diperhatikan terutama bagi anak-anak. Tayangan seperti sinetron khusus nya itu bukanlah tontonan yang baik bagi anak-anak, memang untuk saat ini tayangan untuk anak-anak itu sangatlah sedikit jadi sebagai orang tua atau orang dewasa harus bisa mengontrol acara yang ditonton oleh anak-anak. Anak-anak tidak akan menjadi seperti dewasa sebelum waktu nya maksudnya disini anak-anak menonton sinetron tentang percintaan sehingga anak-anak sekarang sering berucap pacaran, I love you, yang dimana mereka itu tidak mengerti apa itu artinya. Bagi anak remaja juga sebisa mungkin dalam menonton tv itu juga didampingi oleh orang tua atau orang dewasa.

 

Terkadang didalam sebuah acara tv itu sendiri ada kategori yang dimana kategori tersebut untuk membantu agar tontonan acara tv tersebut ditonton sesuai dengan usia nya. Sebenarnya dengan ada nya ketegori itu memudahkan para orang tua untuk mengontrol tontonan acara di tv. Yang disayangkan tidak selalu ada kategori tersebut dicantumkan dalam tayangan tersebut sehingga anak-anak dan remaja itu mempunyai pikiran bahwa acara tersebut dapat ditonton oleh siapa pun.

Berbagai dampak negati dari terlalu sering menonton tv itu sebagai berikut. Pertama membuat diri kita menjadi malas untuk mengerjakan suatu perkjaan. Kedua bagi anak-anak ini akan mendapatkan pengaruh buruk yakni akan mengambat daya pikir otaknya. Ketiga bagi para pelajar akan membuat malas untu belajar. Keempat anak-anak akan kehilangan kreatifitasnya.

Jadi khususnya bagi orang tua dan orang dewasa itu harus dapat mengontrol tontonan bagi anak-anaknya. Beri waktu untuk menonton tv, dan sisa waktu lain nya dapat diisi untuk waktu belajar atau dengan melakukan hal yang lebih bermanfaat.

 

1 Komentar (+add yours?)

  1. Kumara
    Feb 28, 2014 @ 22:02:07

    Sekarang ini acara tv sudah terlalu parah menyelenggarakan acaranya yang pada intinya bentuk pembodohan. isinya hanya hiburan tidak bermutu tanpa adanya unsur pendidikan dan kearifan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: