Bisnis Kecil dan Bauran Pemasaran “ Bisnis kue pukis “

Bisnis Kecil dan Bauran Pemasaran

“ Bisnis kue pukis “

berikut ini merupakan pengertian dari aspek atau faktor – faktor dari bauran pemasaran

Product (Produk):Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide.

Price (Harga):Bauran harga berkenaan dengan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.

Promotion (Promosi):Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.

Saluran Distribusi (Place):Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.

Bisnis kecil

Bisnis kue pukis

Bisnis kue pukis merupakan bisnis kecil yang bisa mendatangkan keuntungan , karena bisnis kue pukis ini termasuk bisnis kecil jadi dapat dilakukan oleh diri sendiri tanpa harus menggaji orang lain. Bisnis kue pukis ini juga termasuk bisnis yang mudah , maksud nya bisnis kue pukis ini tidak membutuhkan modal yang banyak , peralatan yang digunakan juga tidak sulit , bahan – bahan yang digunakan untuk membuat pukis juga tidak sulit di cari dan harga bahan – bahan tersebut relatif murah.

Pertama – tama kita siapkan modal yang kita perlukan dengan membuat perencanaan keuangan yang meliputi , tempat untuk menyewa , membeli bahan – bahan dan peralatan. Setelah perencanaan keuangan tersebut dihitung dengan secara detail diharap kan kita mengeluarkan modal yang sedikit tetapi dapat menghasilkan keuntungan dari modal yang kita keluarkan.

Kedua kita mencari tempat yang sesuai yakni mencari tempat yang strategis dan ramai dengan tempat yang ramai ini diharapkan kita dapat menjual produk  kita lebih banyak. Seperti kita membuka di mall atau di lingkungan kampus / sekolah , ditempat – tempat seperti itulah kita dapat lebih mudah untuk beriteraksi dengan pembeli karena pembeli dapat dengan mudah untuk mendapatkan produk yang kita jual

Ketiga kita membeli bahan – bahan yang di perlukan seperti : tepung terigu , telur , toping ( coklat , keju ) , dll. Dan membeli bahan – bahan peralatan yang diperlukan sperti : alat panggangan  ,dll.

Keempat kita menentukan harga yang akan kita jual , sebaiknya kita menjual harga dengan harga yang murah. Kita mengambil sedikit keuntungan dari modal yang kita keluarkan guna mendapatkan pembeli / pelanggan yang banyak terlebih dahulu dan kita adakan promosi dengan cara membuat suatu brosur , dan bila bisnis kita terus berkembang kita baru menaikkan harga untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Kelima dalam memasarkan produk jual kita yakni kue pukis sebaiknya kita menggunakan etalse untuk menarik pembeli agar membeli kue pukis yang kita jual dan kita memberikan kemasan yang menarik dalam pembeli membeli kue pukis kita sehingga pembeli ada kepuasan dalam membeli kue pukis kita selain karena rasa kue pukis kita yang enak. Dan sebaiknya menyajikan kue pukis tersebut dalam keadaan yang masih hangat.

Berikut ini berupa contoh dari membuat hingga menjual kue pukis di lingkungan kampus

Pertama kita membuat kue pukis bahan – bahan yang di perlukan berupa tepung terigu , telor , dan bahan – bahan yang lain nya di campur aduk yang rata hingga menjadi adonan , kedua setelah adonan jadi kita panggang kemudian kita memberikan toping diatas nya seperti keju atau coklat kemudian tunggu hingga matang. Setelah matang sajikan kue pukis tersebut di etalase agar pembeli dapat melihat produk yang kita jual. Misal nya kita menjual kue pukis itu 1 ny berharga Rp 1500 dari modal yang kita keluarkan itu misal nya Rp 100000. Untuk mempromosikan produk yang kita jual kita membuat suatu brosur sehingga pembeli dapat tertarik untuk membeli kue pukis yang kita jual. Karena kita menjual produk di tempat yang ramai yakni di lingkungan kampus , sebaik nya kita dalam pengemasan kue pukis kita itu dengan menarik agar pelanggan merasa ada kepuasan tersendiri dalam membeli kue pukis kita selain rasa nya yang enak dan agar tidak kalah dengan produk – produk lain yang dijual di sekitar tempat kita berjualan. Pemasaran kue pukis ini sangat mudah hanya dengan menampilkan produk yang kita jual yakni kue pukis di etalase dengan semenarik mungkin di harap kan pembeli dapat dengan mudah untuk membeli kue pukis kita karena kita menampilkankanya di etalase. Dan bila bisnis kita terus berkembang kita dapat menaikkan harga kue pukis kita menjadi harga Rp 2000 yang dimana dapat menambah keuntungan. Dalam bisnis kue pukis ini kita harus senantiasa membuat kue pukis nya tidak terlalu lama agar pmbeli tidak kesal harus menunggu lama atau kita sudah membuat kue pukis tersebut terlebih dahulu. Dalam memberikan pelayanan kita senantiasa harus bersikap ramah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: