BISNIS ROTI BAKAR

BISNIS ROTI BAKAR

Bisnis roti bakar merupakan salah satu bisnis yang boleh dikatakan sebagai bisnis yang mudah maksudnya dapat dilakukan oleh siapa pun, mudah untuk menjual nya ,modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar , dan bahan – bahan untuk membuat roti bakarnya pun mudah di dapatkan. Dalam menjalankan bisnis roti bakar ini kita dapat melakunya sendiri tanpa harus mengrekrut karyawan.

Pertama – tama sebelum kita memulai untuk menjalankan bisnis roti bakar kita sebaiknya membuat perhitungan atau membuat rencana keuangan kita. Perencanaan keuangan itu meliputi biaya untuk membeli atau menyewa tempat yang akan kita pakai untuk menjual roti bakar , untuk membeli bahan – bahan apa saja yang akan kita pakai untuk menjual roti bakar. Setelah perencanaan keuangan kita telah hitung selanjutnya kita siap kan modal yang telah kita hitung dalam perencanaan keuangan. Sebaiknya pada saat awal kita ingin membuka bisnis roti bakar ini dalam membeli bahan – bahan atau keperluan kita untuk menjual roti bakar itu tidak dalam jumlah yang banyak.

Setelah kita membuat rencana keuangan, selanjutnya kita mencari tempat yang sesuai. Kita sebaiknya mengetahui pangsa atau tempat yang akan kita tempati untuk menjual roti bakar itu ramai atau sepi sebaik nya carilah tempat yang strategis. Contoh nya kita menjual roti bakar di lingkungan kampus , sekolah atau di tempat – tempat yang ramai di kunjungi banyak orang. Jika kita telah mempunyai tempat yang telah sesuai buat lah tempat itu dengan semenarik mungkin dan kita selau menjaga kebersihan di tempat tersebut agar pembeli merasa nyaman.

Selanjutnya kita membeli bahan – bahan yang akan di perlukan dalam membuka bisnis roti bakar. Pertama kita membeli kebutuhan utama nya yaitu membeli roti bakar , membeli magarin atau mentega , membeli toping untuk roti bakar seperti selai kacang , selai stroberi , keju , coklat ,dll. Setelah itu kita membeli peralatan yang akan di pakai untuk membuat roti bakar yaitu seperti alat pemanggang , kompor , dll. Setelah kita melengkapi semua kebutuhan yang di perlukan selanjutnya kita membuat suatu brosur untuk memprosikan toko roti bakar buatlah secukpnya tidak perlu banyak- banyak hanya untuk menarik pelanggan.

Dalam penentuan harga roti bakar jangan lah terlalu mahal pada awal nya kita hanya mengambil untung sedikit dari modal yang kita keluarkan agar dapat banyak menarik banyak pelanggan. Pangsa pasar yang banyak dapat menarik banyak pembli adalah kalangan remaja atau para pelajar karena roti bakar ini merupakan makanan yang mengeyangkan dapat menganjal perut dan harga nya mudah dijangkau oleh kalangan pelajar ini. Maka dari itu kita harus membuat tempat yang senyaman mungkin dan semenarik mungkin agar tempat roti bakar itu dapat menjadi suatu tempat tongkrongan anak – anak muda.

Dalam menu rasa roti bakar itu sebaiknya kita selalu membuat suatu menu – menu baru agar pembeli tidak merasa bosan. Contoh nya kita dapat menggabungkan dengan menambahkan toping dengan ice cream diatas roti bakar tersebut sehingga pembeli akan tetap datang kembali untuk membeli roti bakar yang kita buat karena mereka penasaran dengan varian – varian rasa yang kita buat , maka dari itu kita sebagai penjual harus lebih kreatif untuk mebuat varian – varian rasa yang baru.

Dalam penjualan roti bakar yang kita buat , kita mebuat berbagai jenis ukuran roti bakar yang akan kita jual yakni dari ukuran yang mini , sedang hingga yang besar. Jadi pembeli dapat memilh roti bakar yang mana yang mereka inginkan , sehingga ukuran nya sesuai dengan porsi yang mereka inginkan.

Bila penjualan roti bakar kita telah berhasil yakni telah mendapatkan keuntungan dari modal yang kita keluarkan , kita dapat menaikan harga roti bakar tersebut namun dengan tingkat kenaikan harga yang tidak terlalu jauh dari harga yang sebelumnya. Dan kita dapat meningkatkan tingkat penjualan roti bakar dengan menambah bahan – bahan utama nya seperti roti. Dalam kita menjual roti bakar kita sebaik nya bersikap ramah agar pembeli merasa senang membeli roti bakar di tempat kita dan mereka akan kembali membeli roti bakar yang kita jual karena pelayanan nya yang ramah.

Bila penjualan roti bakar ini maju pesat sebaiknya kita merekrut karyawan untuk membantu kita dalam melakukan penjualan roti bakar , karena semakin banyak nya pembeli kita harus bekerja cepat jangan membuat pembeli menunggu lama. Kita juga harus menambah peralatan selain bahan baku utamanya yaitu menambah alat pemanggang roti dan kompor ,dll. Dan bahkan bila usaha kita terus berkembang kita dapat membuka roti bakar ini dengan menyewa atau membeli tempat yang lebih besar dan nyaman sehingga pembeli merasa puas tidak rugi telah membeli roti bakar kita. Untuk memuaskan pelanggan sekali – sekali kita membuat suatu promo seperti buy two get one free. Bila roti bakar ini terus berkembang kita harus tetap mempertahankan cita rasa dan kualitas yang terbaik.

4 Komentar (+add yours?)

  1. fikrisu
    Apr 07, 2011 @ 07:36:29

    Nice article….sangat inspiratif. Good luck and salam kenal yach sob…by info mesin roti

    Balas

  2. pulzzahut
    Jun 29, 2011 @ 02:02:56

    mm bisnis ini masih berprospek di kota pelajar,,

    Balas

  3. sudarmaji
    Des 11, 2011 @ 06:39:12

    Mantap gan bisa di coba. oh iya, alat pembakarannya di mana kita bisa cari ? salam sukses…

    Balas

  4. Peluang Usaha
    Jun 10, 2012 @ 08:32:16

    mantap cuy

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: